Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari

Novalinda, Amira (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AMIRA_NOVALINDA_17029135_2490_2021.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII setelah diterapkannya model pembelajaran PBL serta menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model problem based learning lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian yaitu nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII.8 kelompok B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII.7 kelompok B sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis Berdasarkan hasil penelitian kuis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir dengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:05
Last Modified: 15 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34695

Actions (login required)

View Item View Item