Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas XII SMK

Yensi, Aujia Irva (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas XII SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AUJIA_IRVA_YENS_17004117_4369_2021.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih merupakan mata pelajaran yang dianggap membosankan dan kurang menarik bagi siswa SMK.Dalam Proses Pembelajaran Guru belum memanfaatkan penggunaan media pembelajaran di kelas. Siswa membutuhkan media pembelajaran yang mampu menarik minat siswa dalam belajar sehingga mampu membuat siswa lebih aktif dan bisa memahami materi yang diberikan terkhususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari Penelitian dan Pengembangan ini menghasilkan media video pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang valid dan layak bagi siswa kelas XII SMK dan menghasilkan media video pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang Menarik di SMK N 1 Painan. Hasil dari Penelitian berupa produk video pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Bab 1 Semangat Beribadah dengan Menyakini Hari Akhir. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan mengikuti tujuh tahapan dari Model Borg and Gall yaitu meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain1, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Produk media video pembelajaran dibuat dengan aplikasi utama Sparkol Videoscribe dan juga mengggunakan aplikasi pendukung yaitu Wondershare Filmora 9. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif yaitu analisis data hasil angket validasi media dan Angket respon guru beserta peserta didik menggunakan skala likert. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media diperoleh hasil Persentase dari ahli materi adalah 80 % sedangkan Persentase dari ahli media adalah sebesar 87,5%. Pada uji coba produk, hasil yang diperoleh dari angket uji coba telaah pakar adalah sebesar 92%, pada uji coba kelompok kecil memperoleh hasil persentase sebesar 81%, dan pada hasil uji coba lapangan diperoleh persentase 88%.Dari hasil persentase keseluruhan dapat dinyatakan bahwa produk media video pembelajaran dengan menggunakan Sparkol Videoscribe memenuhi kriteria validasi Sangat Menarik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:01
Last Modified: 14 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34691

Actions (login required)

View Item View Item