Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sebaran Flora dan Fauna Indonesia dan Dunia Kelas XI SMA Negeri 3 Padang

Arief, Rusdi (2021) Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sebaran Flora dan Fauna Indonesia dan Dunia Kelas XI SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RUSDI_ARIEF_17045164_1861_2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya perkembangan zaman, termasuk juga perkembangan teknologi yang berdampak terhdap inovasi pendidikan. Namun pemanfaatan teknologi dalam pendidikan belum sepenuhnya optimal, khususnya pada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan media pembelajaran interaktif berbasis android dalam proses belajar mengajar (2) Mengetahui kemudahan penggunaan aplikasi media pembelajaran Geografi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS mata pelajaran Geografi SMA Negeri 3 padang. Instrumen yang digunakan yaitu angket, disusun menggunakan bantuan google form dan di bagikan melalui aplikasi WhatsApp Group kelas. Teknik sampling menggunakan total sampling dengan jumlah sampelnya sama dengan populasi, yang mana kurang dari 100 seluruh populasi yaitu sebanyak 68 siswa. Analisis data menggunakan bantuan rumus skala interval dan rumus persentase. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) membuat aplikasi media pembelajaran berbasis android dengan Smart Apps Creator yang dinamakan GEO Explorer, 2) menganalisis tinggat kebutuhan pada siswa, 3) menganalisis kemudahan penggunaan aplikasi media pembelajaran pada siswa. hasil tingkat kebutuhan media pembelajarannya yaitu, 3 responden (4,41 %) kategori Sangat Tinggi, 13 responden ( 19, 11 %) kategori Tinggi, 45 responden ( 66, 17%) kategori Sedang, 6 responden (8,82%) kategori Rendah, dan sebanyak 1 responden (1,47%) memiliki kategori Sangat Rendah. dari data tersebut memiliki frekuensi prioritas terbesar yaitu 45 siswa dengan presentase 66, 17% dengan kategori "Sedang". Hasil perhitungan dalam penggunaan Aplikasi media pembelajaran GEO Explore mendapatkan skor persentase usability (kegunaan) sebesar 82,94%, dari angket yang diberikan pada 68 siswa kelas XI IPS mata pelajaran geografi dengan hasil kategori " Sangat Layak". sehingga dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android GEO Explorer dapat memenuhi kebutuhan media pembelajaran bagi siswa dan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:01
Last Modified: 03 Feb 2023 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34688

Actions (login required)

View Item View Item