Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di Kelas V SDN 25 Gadut Kabupaten Agam

Gandi, Adesfa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di Kelas V SDN 25 Gadut Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ADESFA_GANDI_17129113_3265_2021.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh belum optimalnya rencana pembelajaran yang dirancang guru, proses pembelajaran yang dilakukan guru, dan hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada tujuan pembelajaran belum sejalan dengan indikator pembelajaran, guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, proses pembelajaran masih berjalan teacher centre (berpusat pada guru), peserta didik belum dikondisikan belajar secara berkelompok, dan interaksi guru hanya terjalin dengan sebagian peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model The Power of Two di Kelas V SDN 25 Gadut Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi menggunakan model The Power of Two. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 25 Gadut yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP siklus I 81% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I adalah 78% (Baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 94% (Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik siklus I diperoleh 80% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 75,5 (Baik) dan meningkat pada siklus II yaitu diperoleh nilai rata-rata 88,4 (Baik). Dapat disimpulkan bahwa model The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 25 Gadut Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:00
Last Modified: 14 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34687

Actions (login required)

View Item View Item