Keharmonisan Antar Umat Beragama di Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara

Syafrina, Ruli Rizky (2021) Keharmonisan Antar Umat Beragama di Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RULI_RIZKY_SYAFRINA_16052026_2370_2021.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas kerukunan antar umat beragama di Desa Asam Jawa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehidupan masyarakat desa Asam Jawa yang rukun antar umat beragama sehingga menciptakan kehidupan yang aman, damai, tentram serta terciptanya sikap toleransi yang baik antar masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk melihat dan mendeskripsikan mengenai bagaimana realitas kerukunan antar umat beragama yang terjalin di Desa Asam Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, sumber data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat di Desa Asam Jawa bisa menghargai ibadah umat agama lain tanpa harus ikut campur dalam urusan ibadah umat agama lain, sikap ini terlihat pada saat umat kristen mengadakan ibadah mereka di gereja namun pada saat adzan di masjid berkumandang umat kristen menghentikan ibadah mereka sampai umat muslim selesai melaksanakan ibadah. Kemudian adanya kegiatan musyawarah antar tokoh agama dan tokoh masyarakat serta adanya kegiatan arisan antar masyarakat desa Asam Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:00
Last Modified: 14 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34686

Actions (login required)

View Item View Item