Persepsi Guru Serta Siswa Terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Sosiologi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Mandau, Duri, Riau

Zufni, Zulfaa Nabiila (2021) Persepsi Guru Serta Siswa Terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Sosiologi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Mandau, Duri, Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ZULFAA_NABIILA_ZUFNI_17058137_2142_2021.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru serta siswa terhadap penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran daring Sosiologi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Mandau, Duri, Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsic. Subjek dan informan penelitian adalah guru sosiologi serta siswa kelas X IPS SMA Negeri 9 Mandau, Duri, Riau. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 22 orang informan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan model Miles dan Huberman yaitu model analisis interaktif dengan langkah mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru dalam menggunakan Google Classroom dinilai efektif, efisien dan praktis dalam memberikan materi. Namun, dalam menyiapkan materi guru berpersepsi bahwa masih belum efisien karena membutuhkan waktu yang banyak untuk menyiapkan materi yang akan diberikan kepada siswa. Menurut persepsi guru penggunaan Google Classroom dalam memberikan tugas sudah efektif, efisien dan praktis digunakan. Persepsi guru dalam menerima tugas dari siswa menggunakan Google Classroom dinilai belum efektif dan efisien. Namun, Google Classroom praktis digunakan dalam menerima tugas dari siswa. Guru berpersepsi bahwa Google Classroom juga bisa digunakan untuk membelajarakan sikap dan keterampilan. Sedangkan siswa berpersepsi bahwa penggunaan Google Classroom dinilai efisien dan praktis dalam menerima materi, mengerjakan tugas dan mengirim tugas. Namun, siswa masih kurang memahami materi yang diberikan guru karenasiswa merasa kurang fokus saat menyimak materi dan juga terjadi banyak gangguan seperti gangguan dari keadaan lingkungan belajarnya termasuk rasa malas. Google Classroomjuga bisa digunakan dalam konteks interaksi antara guru dan siswa yang dilihat dari proses pembelajaran selama menggunakan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:59
Last Modified: 14 Oct 2021 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34682

Actions (login required)

View Item View Item