Pengembangan Handout berbasis Pendekatan Sinkronik pada Pembelajaran Sejarah.

Citra, Riza Yulia (2021) Pengembangan Handout berbasis Pendekatan Sinkronik pada Pembelajaran Sejarah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_RIZA_YULIA_CITRA_16046032_116_2021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya bahan ajar yang sinkronik dalam memahami peristiwa sejarah pada proses pembelajaran. Maka dari itu dilakukanlah sebuah pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan sinkronik, Bahan ajar disini dikategorikan sebagai bahan ajar tambahan disamping bahan ajar lainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis sinkronik dalam pembelajaran sejarah. Matode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian dan pengembangan atau Research and Developmet (R & D), dengan memakai tahap­ tahap model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitiannya adalah mahasiswa sejarah FIS Universitas Negeri Padang pada kelas sejarah Indonesia Zaman Pengaruh Barat. Penelitian ini dilakukan uji validasi oleh 2 orang ahli yakni ahli materi serta ahli bahan ajar untuk melihat isi dari Handout yang akan dikembangkan serta melihat layak tidak layaknya Handout ini dikembangkan pada proses pembelajaran. Mengenai instrument penelitian data berbentuk Handout serta angket mengunakan ukuran skala Likert. Skala Likert disini kategori positif yang nilai tertinggi 4 dengan kategori sangat layak serta 1 kategori sangat tidak layak. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif­kuantitatif dengan rumus rerata. Pada penelitian ini hanya sampai tahap Development atau pengembangan produk, dalam tahap analisis yakni analisis kebutuhan serta materi, sedangkan pada tahap desain berhubungan dengan perancangan Handout dan cara pemakaian ataupun penulisan pendekatan sinkronik pada materi sejarah yang berhubungan dengan peristiwa sejarah, sedangkan dalam tahap pengembangan hanya sampai validasi yakni oleh ahli materi serta ahli bahan ajar. Hasil dari penelitian ini memaparkan, 1) penilaian terhadapa materi oleh ahli materi memperoleh nilai rata­rata 3,28 yang dikategorikan pada posisi sangat layak, dengan persentase 82,14 % dengan kategori sangat layak. 2) Sedangkan penilaian pada Handout yang dilihat dari ketepatan, tampilan, bahasa serta manfaat dari Handout tersebut mendapatkan penilaian rata­rata 3,64 dengan kategori sangat layak, dan persentasenya 91, 17 % dengan kategori sangat layak. Hal ini dapat dikatakan bahwasannya Handout sangat layak digunakan oleh mahasisiswa dalam proses pembelajaran sejarah. Dari pemaparan diatas maka Handout berbasis pendekatan sinkronik layak dikembangkan serta digunakan dalam proses pembelaj aran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdi, RusdiUNSPECIFIED
CorrectorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorKarima, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:59
Last Modified: 13 Apr 2023 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34681

Actions (login required)

View Item View Item