Efektifitas Program Pengurangan Resiko Bencana Gempa Bumi Bagi Masyarakat Nelayan di Nagari Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Azura, Zami (2021) Efektifitas Program Pengurangan Resiko Bencana Gempa Bumi Bagi Masyarakat Nelayan di Nagari Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ZAMI_AZURA_17042272_4038_2021.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program pengurangan resiko bencana gempa bumi bagi masyarakat nelayan di nagari Amping Parak kecamatan Sutera kabupaten Pesisir Selatan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektifitas program pengurangan resiko bencana bagi masyarakat nelayan di nagari Amping Parak kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pengurangan resiko bencana gempa bumi bagi masyarakat nelayan di nagari Amping Parak kecamatan Sutera kabupaten Pesisir Selatan belum efektif karena masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan anggaran dan kurangnya kesadaran masyarakat. Terdapat empat faktor pendukung efektifitas program pengurangan resiko bencana gempa bumi yaitu pertama kerja sama yang baik antar lembaga kedua sarana dan prasarana yang mendukung, ketiga adanya sosialisasi edukasi dari BPBD kepada masyarakat tentang program pengurangan resiko bencana gempa bumi, yang keempat pembentukan tim khusus penanganan bencana KSB (kelompok siaga bencana) . Sedangkan hasil temuan untuk faktor penghambat, terdapat tiga faktor yaitu anggaran yang terbatas, kesadaran masyarakat yang kurang dan lemahnya pengawasan BPBD dan lembaga terkaitterhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:58
Last Modified: 14 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34679

Actions (login required)

View Item View Item