Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang

Amelin, Nini (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NINI_AMELIN_17016033_2601_2021.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang sebelum menggunakan model pembelajaran talking stick. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang sesudah menggunakan model pembelajaran talking stick. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model talking stick terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 129 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini, yaitu keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang sebelum menggunakan model pembelajaran talking stick dan keterampilan membaca pemahaman sesudah menggunakan model pembelajaran talking stick. Data penelitian adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran talking stick. Data analisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman sebelum menggunakan model pembelajaran talking stick siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata- rata 50,79. Kedua, keterampilan membaca pemahaman sesudah menggunakan model pembelajaran talking stick siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,00. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis kerja (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel, yaitu (30,21> 1,71). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:57
Last Modified: 14 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34674

Actions (login required)

View Item View Item