Pengembangan Media Video Berbasis Kausalitas dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Batusangkar

Irfani, Rajuli (2021) Pengembangan Media Video Berbasis Kausalitas dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_RAJULI_IRFANI_16046088_616_2021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan minimnya pemakaian media video dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan pengalaman lapangan peneliti semester Januari-Juni 2020 di SMAN 1 Batusangkar, media yang digunakan oleh guru belum bervariasi karena guru lebih dominan menyampaikan materi berorientasi ke metode ceramah dan masih rendahnya analisis siswa terhadap materi sebab akibat. Jikalaupun ada pemakaian media, hanya sebatas power point itupun siswa yang mengunakan untuk menyampaikan hasil kelompoknya di depan kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu merancang media pembelajaran sejarah yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas melalui media video. Selain menekankan pada pembelajaran yang menyenangkan materi pada media video di susun berdasarkan prinsip sebab akibat atau kausalitas terjadinya peristiwa. Pada penelitian ini peneliti menerapkannya pada materi Dampak Penjajahan Banga Eropa Terhadap Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reserch and development) dengan mengunakan model ADDIE yaitu analisis ( analyzy), pada tahap analisis ini dimulai dengan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis siswa. desain (design) yaitu merancang media pembelajaran dengan mempersiapkan materi, mengumpulkan media yang berkaitan dengan materi dan menyusun langkah-langkah kegiatan dalam pembuatan media video., pengembangan ( development), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluation). Namun dalalm penelitian ini prosedur penelitian ini sampai tahap pengembangan (development). Uji kelayakan media dilakukan oleh dua orang valildator yang mahir di bidangnya masing-masing, yakni ahli materi dan ahli media pembelajaran sejarah. Hasil penelitian media video bedasarkan kelayakan materi yakni 3,63 dalam kategori sangat layak kemudian hasil analisis media yaitu 3,65 dalalm kategori sangat layak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:22
Last Modified: 13 Apr 2023 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34668

Actions (login required)

View Item View Item