Peranan Organisasi ROHIS dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kofa Pariaman

Abdullah, Rahmiwati (2021) Peranan Organisasi ROHIS dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kofa Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RAHMIWATI_ABDULLAH_17329038_2913_2021.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 2 Kota Pariaman, bertujuan untuk mendeskripsikan program organisasi ROHIS, implementasi program ROHIS, dan dampak positif yang dihasilkan dari program ROHIS. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan metode deskriptif, lnforman yang dipilih yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, pembina ROHIS, 30 orang anggota ROHIS 3 tahun terakhir (2018-2020). Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang diperoleh di analisis menggunakan teknik reduksi, display dan kesimpulan, dan diabsahkan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa bentuk peran organisasi ROHIS dalam membentuk akhlak peserta didik di SMAN 2 Pariaman adalah dengan membentuk program kegiatan keagamaan yang dibagi menjadi 2, program tetap dan program tambahan. Kegiatan tersebut di antaranya OR, MUBES, LDKR, kultum jumat, mentoring, tahsin dan tadarus, MABIT,temu ramah alumni, tablig akbar (PHBI), rihlah, NOBAR, bedah buku, PHBN, ROGAB, aksi berbagi, buka bareng, studi banding, madinng, pengelolaan mushola, bazar, pelatihan public speaking dan skill, dan FA. Program kegiatan rutin dilaksanakan pada setiap minggu, bulan dan tahun sesuai jadwal pelaksanaan yang dalam implementasinya selalu diiringi dengan pembinaan akhlak. Dampak dari kegiatan ROHIS di SMAN 2 kota Pariaman adalah terbentuknya akhlak anggota ROHIS yang dibagi menjadi 4 kategori diantaranya, akhlak kepada Allah dan Rasul seperti melaksanakan shalat duha setiap jam istirahat, shalat dzuhur berjamaah, membiasakan tilawah Alquran setelah subuh dan magrib, menghafal Alquran dan hadist, serta puasa sunnah. Akhlak kepada diri sendiri seperti memiliki jiwa kepemimpinan, bijaksana dalam mengambil keputusan, tanggung jawab, percaya dengan kemampuan diri, bersemangat dalam belajar, teratur dalam berkomunikasi, mandiri, kreatif, mempunyai skil, menjaga kesucian diri, kreatif berfikir, dan berwawasan luas. Akhlak kepada antar sesama manusia diantaranya saling menghargai, sopan santun, peduli, sabar, saling percaya, selalu mengintropeksi diri, menjaga silaturahmi, memiliki jiwa sosial, solidaritas, ikhlas beramal, dan saling mengenal antar sesama, kemudian akhlak kepada lingkungan sekitar seperti mencintai alam, menjaga kebersihan, dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:21
Last Modified: 14 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34667

Actions (login required)

View Item View Item