Persepsi Mahasiswa terhadap Penerapan Kesehatan dan Keselamatan pada Mata Kuliah Teknologi Pembentukan Plat di Workshop Fabrikasi Jurusan FT UNP.

Ramadhan, Rio (2021) Persepsi Mahasiswa terhadap Penerapan Kesehatan dan Keselamatan pada Mata Kuliah Teknologi Pembentukan Plat di Workshop Fabrikasi Jurusan FT UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RIO_RAMADHAN_15067018_1803_2021.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Keselamatan kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting diperhatikan di workhsop permesinan. Perkembangan zaman yang sangat pesat saat ini memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap perkembangan dunia kerja. Perkembangan di dunia kerja ini menuntut peningkatan produktifitas tenaga kerja. Kesehatan dan Keselamatan Kerjan (K3) merupakan salah satu aspek yang paling utama didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa jurusan teknik mesin FT UNP tentang penerapan kesehatan dan keselamatan kerja pada matankuliah teknik pembentukan plat terhadap diri sendiri dan lingkungan kerja. Metode Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Berdasarkan data kuantitatif itu nantinya akan tergambar bagaimana Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pada Mata Kuliah Teknik Pembentukan Plat di Workshop Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin UNP. Penelitian ini dilakukan pada Semester Juli–Desember 2020 di Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan jumlah populasi 96 mahasiswa. Teknik sampling yang dipakai adalah random sampling sejumlah 48 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan persepsi mahasiswa terhadap penerapan K3 pada mata kuliah teknologi pembentukan plat di workshop Fabrikasi Jurusan FT UNP pada indikator kesehatan dan keselamatan diri mahasiswa sebesar 87,95% sehingga termasuk dalam kategori Baik, pada indikator kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja sebesar 86,73% sehingga termasuk dalam kategori Baik, pada indikator kesehatan dan keselamatan alat dan bahan sebesar 85,41% sehingga termasuk dalam kategori Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:21
Last Modified: 14 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34665

Actions (login required)

View Item View Item