Hubungan Minat Belajar dan Kebisaan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam

Amelia, Wia (2021) Hubungan Minat Belajar dan Kebisaan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WIA_AMELIA_16045136_2150_2021.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai hubungan minat dan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar Geografi siswa kelas XI SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Indicator minat belajar yaituperasaan senang, perhatian, ketertarikan dan kesadaran akan manfaat pelajaran Geografi, dan indicator kebiasaan belajar yaitu mengatur waktu belajar, membaca/mengulang pelajaran, mengerjakan tugas, kehadiran dalam PBM, menyiapkan kelengkapan belajar, kebiasaan belajar kelompok, mengikuti kegiatan belajar serta pemanfaatan sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Korelasional. Populasi penelitianadalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 V Koto Kampung Dalam yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang ditetapkan dengan teknik Proporsional Random Sampling mewakili 40% dari 120 populasi, sehingga sampel berjumlah 48 siswa. Data dianalisis menggunakan tiga langkah yaitu : (1) Analisis Deskriptif yang bertujuan untuk melihat rata-rata (mean), standar deviasi dan persentase, dan (2) Uji persyaratan analisis berupa uji normalitas, homogenitas dan multikolinearitas (3) analisis inferensial untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara minat belajar siswa dengan hasil belajar Geografi siswa kelas XI SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, dikategorikan kuat dengan konstribusi 57,2%. (2) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar Geografi siswa kelas XI SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, dikategorikan kuat dengan konstribusi 47,0%. (4) Terdapathubungan yang signifikan dan positif antara minat dan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar Geografi siswa kelas XI SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, dikategorikan sangat kuat dengan konstribusi 64,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:21
Last Modified: 14 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34662

Actions (login required)

View Item View Item