Pengaruh Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Camintoran Kabupaten Solok Selatan

Putri, Windi Aulia (2021) Pengaruh Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Camintoran Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WINDI_AULIA_PUTRI_16135237_2069_2021.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara penulis pada bulan April 2021 mengenai keluhan pengunjung yang dibuktikan dengan butuhnya tempat beribadah bagi pengunjung. Tidak adanya tempat makan dan minum di sekitar Objek Wisata Camintoran. Kemudian adanya keluhan pengunjung tentang kondisi toilet yang kotor. Akses jalan ke Objek Wisata Camintoran rusak sehingga membuat pengunjung kesulitan di perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mendeskripsikan tentang tentang fasilitas wisata di Objek Wisata Camintoran, 2)Mendeskripsikan tentang kepuasan pengunjung di Objek Wisata Camintoran, 3)Menganalisis pengaruh fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung di Objek Wisata Camintoran Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian digolongkan kepada penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode asosiatif kausal dengan uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke Objek Wisata Camintoran Kabupaten Solok Selatan yang berjumlah 6.528 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik Insidental sampling dengan jumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala likert terdiri dari 28 soal yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskripsi data dan uji regresi linear sederhana serta nilai koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas wisata berada di kategori buruk, (2) Kepuasan Pengunjung berada kategori kurang puas, (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana didapat hasil koefisien regrsi sebesar 0,263 dengan sig. 0,000 < 0,05, artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan harga akan meningkatkan 1 satuan kepuasan pengunjung. Kemudian nilai R Square sebesar 0,9. Artinya harga mempengaruhi kepuasan pengunjung sebesar 9%, sedangkan 91% di pengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Parawisata-D4
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:19
Last Modified: 14 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34654

Actions (login required)

View Item View Item