Perbandingan Penggunaan Model Problem Solving dengan Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar berdasarkan Kemampuan Akademik Peserta Didik di SMP Negeri 18 Padang

Ardi, Yayat Mutia (2021) Perbandingan Penggunaan Model Problem Solving dengan Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar berdasarkan Kemampuan Akademik Peserta Didik di SMP Negeri 18 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YAYAT_MUTIA_ ARDI_19177046_4564_2021.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam pendidikan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik, pembelajaran masih bersifat teacher center, serta kemampuan akademik yang kurang menjadi perhatian guru dalam proses pembelajaran. Menggunakan model pembelajaran inovatif yang bersifat student centered adalah salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model Problem Solving dengan model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar berdasarkan kemampuan akademik peserta didik di SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 18 Padang. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII.2 dan kelas VIII.4. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen berupa teknik pengambilan data dengan tes objektif. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis anova dua arah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan antara model Problem Solving dengan model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar pada KD 3.7, namun tidak terdapat perbedaan pada KD 3.6. (2) Terdapat interaksi antara model Problem Solving dengan model Learning Cycle 5E dengan kemampuan akademik terhadap hasil belajar peserta didik, (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik berkemampuan akademik tinggi yang menggunakan model Problem Solving dengan peserta didik berkemampuan akademik tinggi yang menggunakan model Learning Cycle 5E, (4) Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik berkemampuan akademik tinggi yang menggunakan model Problem Solving dengan peserta didik berkemampuan akademik rendah yang menggunakan model Learning Cycle 5E, (5) Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik berkemampuan akademik rendah yang menggunakan model Problem Solving dengan peserta didik berkemampuan akademik tinggi yang menggunakan model Learning Cycle 5E, (6) Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik berkemampuan akademik rendah yang menggunakan model Problem Solving dengan peserta didik berkemampuan akademik rendah yang menggunakan model Learning Cycle 5E pada KD 3.7, namun tidak terdapat perbedaan hasil belajar pada KD 3.6.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:18
Last Modified: 14 Oct 2021 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34649

Actions (login required)

View Item View Item