Hambatan Pelaksanaan Program LSM Malalo Institute pada Masyarakat Malalo Tigo Jurai Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar

Putri, Annisa (2020) Hambatan Pelaksanaan Program LSM Malalo Institute pada Masyarakat Malalo Tigo Jurai Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_ANNISA_PUTRI.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan organisasi masyarakat di luar jalur formal pemerintahan yang dibentuk untuk menggerakkan masyarakat dalam menampung kepentingan dan kebutuhannya melalui program-program pemberdayaan. Pandangan, aspirasi, serta program yang dilaksanakan membuat LSM tampil sebagai salah satu organisasi yang menyuarakan keinginan masyarakat. LSM lokal Sumatera Barat Malalo Institute yang berdiri di Malalo Tigo Jurai dilatarbelakangi oleh keadaan masyarakat yang menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik. LSM Malalo Institute berangkat dari aspek pemberdayaan di bidang sosial dan budaya, lingkungan hidup dan kesehatan, pertanian dan peternakan, pendidikan dan ekonomi, serta bidang pemuda dan olahraga. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori fungsionalisme struktural dari Robert Merton yang fokus kajiannya yaitu hambatan pelaksanaan program LSM Malalo Institute. Merton menjelaskan bahwa analisis dapat dilakukan terhadap sebuah organisasi, seperti pada organisasi LSM Malalo Institute yang menunjukkan terjadinya disfungsi sistem didalam organisasi yang dijalankan sehingga tidak mencapai kesejahteraan masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan informan sebanyak 39 orang, yang terdiri dari 19 anggota LSM Malalo Institute, 2 orang pemimpin nagari, dan 18 masyarakat. Validitas data menggunakan tringulasi data, yaitu triangulasi sumber, metode, dan waktu. Kemudian, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model yang diajukan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan pelaksananan program LSM Malalo Institute dari 15 program di 5 bidang, ada 5 program yang sudah terlaksana. Di antaranya 3 program sudah terlaksana dengan baik, 2 program terhenti, dan 10 program belum terlaksana. Organisasi kemasyarakatan yang didirikan secara sukarela ini memiliki hambatan dalam setiap kegiatan yang diadakan. Hambatan akan memengaruhi pelaksanaan program-program yang telah direncanakan oleh LSM Malalo Institute. Hambatan pelaksanaan program LSM Malalo Institute muncul dikarenakan faktor internal dan eksternal. Faktor internal dipengaruhi oleh koordinasi struktur organisasi, keuangan, jaringan, dan SDM yang tidak memadai. Faktor eksternal di pengaruhi oleh tidak adanya dukungan dari masyarakat dan emerintah nagari Malalo Tigo Jurai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:17
Last Modified: 14 Oct 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34643

Actions (login required)

View Item View Item