Evaluasi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Sejarah

Caniago, Nur Afni Yolanda Sari (2021) Evaluasi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Sejarah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NUR_AFNI_YOLANDA_SARI_CANIAGO_16046129_370_2021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa PLK sejarah semester Juli-Desember tahun pelajaran 2020/2021 jurusan sejarah angkatan 2017. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model Evaluasi Goal Oriented yaitu tidak lepas dari tujuan, dimana tujuan tersebut sebagai kriteria utuk menentukan keberhasilan suatu program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantutatif. Populasi pada penelitian itu adalah mahasiswa PLK Sejarah UNP angkatan 2017. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling Probability Sampling yaitu diberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi secara acak tanpa mamperhatikan strata yang ada dalam populasi. Jadi sampel dari penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, angket ini teknik pengumpulan datanya menggunakan Skala Guttman. Alasan peneliti mengambil Skala Guttman ini untuk melihat jawaban yang tegas salah satunya benar salah dari pemyataan yang ada pada angket penelitian. Cara penskorannya apabila menjawab benar maka skomya 1, apabila salah maka skomya 0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas dari 30 pemyataan yang dikatakan valid berjumlah 17 pemyataan, yang tidak valid berjumlah 13 pemyataan. Setelah itu data yang didapat dianalisis menggunakan Uji reliabilitas dari jumlah 17 item yang valid adalah 0,83 ini dikategorikan "sangat bagus". Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan angket dari validasi materi kompetensi pedagogik diperoleh nilai sebanyak 90% berada dikategori "sangat bagus". Sedangkan secara umum mahasiswa yang menguasai kompetensi pedagogik adalah 86% ini berada dikategori "sangat bagus" karena ada beberapa mahasiswa PLK yang sudah menguasai yaitu bagian menguasaai teori, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta didik dan penilaian serta evaluasi sedangkan 14% belum menguasai kompetensi pedagogik karena belum paham dibagian karakteristik peserta didik, dan pengembangan potensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:15
Last Modified: 07 Feb 2023 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34629

Actions (login required)

View Item View Item