Identifikasi Perbedaan Kualitas Batubara Seam 2 dan Seam 3 yang Dibutuhkan dalam Bidang Industri di Cv. Bara Mitra Kencana, berdasarkan Parameter Kualitas Hasil Uji Laboratorium.

Gustia, Restu Pra Utama (2021) Identifikasi Perbedaan Kualitas Batubara Seam 2 dan Seam 3 yang Dibutuhkan dalam Bidang Industri di Cv. Bara Mitra Kencana, berdasarkan Parameter Kualitas Hasil Uji Laboratorium. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_RESTU_PRA_UTAMA_GUSTIA_1308139_460_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

CV. Bara Mitra Kencana merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara yang terletak di Tanah Kuning, Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. Penambangan di CV. Bara Mitra Kencana ini di lakukan dengan sistem penambangan Underground Mining. Kualitas batubara adalah sifat fisik dan kimia dari batubara yang mempengaruhi potensi kegunaannya. Kualitas batubara ditentukan oleh maseral dan mineral matter penyusunnya, serta oleh derajat coalification (rank). Umumnya untuk menentukan kualitas batubara dilakukan analisa kimia pada batubara yang diantaranya berupa analisis proksimat dan analisis ultimat. Analisis proksimat dilakukan untuk menentukan jumlah air (moisture), zat terbang (volatile matter), karbon padat (fixed carbon), dan kadar abu (ash), sedangkan analisis ultimat dilakukan untuk menentukan kandungan unsur kimia pada batubara seperti : karbon, hydrogen, oksigen nitrogen, sulfur, unsur tambahan lainnya. Setelah dilakukan pengujian kualitas batubara berdasarkan parameter yang ada maka dapat diketahui bahwa batubara pada seam 2 dan seam 3 memenuhi standarisasi kualitas yang diminta oleh pabrik industri seperti PLTU dan SEMEN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:11
Last Modified: 14 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34620

Actions (login required)

View Item View Item