Perbaikan Tanah dengan menggunakan Metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2.

Ranty, Olyvia Gemala (2021) Perbaikan Tanah dengan menggunakan Metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_OLYVIA_GEMALA_RANTY_17323081_1105_2021.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Alternatif Teknik Perbaikan Tanah dengan menggunakan Metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2. Latar belakang penelitian ini adalah besarnya nilai konsolidasi tanah dan rendahnya daya dukung tanah untuk timbunan dasar konstruksi jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kecocokan perbaikan tanah pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak dengan melakukan pengujian kadar air tanah, konsolidasi tanah, daya dukung tanah dan tes kepadatan tanah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan numerik dalam pengumpulan data, pengolahan data, dan hasil pengolahan data. Pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung di lapangan dan dokumen proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2. Pengujian yang dilaksanakan langsung dilapangan meliputi pengujian kadar air tanah, konsolidasi tanah, sondir dan kepadatan tanah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kadar air pada tanah dasar berkurang sebesar 50% dari kadar air awal sebelum dilakukan perbaikan, rata-rata konsolidasi tanah selama 3 bulan sebesar 4,48 mm, serta rata-rata kepadatan tanah setelah dilakukan perbaikan mencapai 96,74%. Dari hasil analisis data yang dilakukan teknik perbaikan tanah dengan menggunakan metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) pada proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 cocok digunakan karena telah sesuai dengan persyaratan pada SNI 03-1742-2008 setelah dilakukan perbaikan tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:09
Last Modified: 14 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34614

Actions (login required)

View Item View Item