Pilihan Rasional Melibatkan Kerabat dalam Kegiatan Mambagan pada Kalangan Nelayan di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Meizalani, Sri Winda (2021) Pilihan Rasional Melibatkan Kerabat dalam Kegiatan Mambagan pada Kalangan Nelayan di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SRI_WINDA_MEIZALANI_16058125_1788_2021.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kenyataan bahwa di Pasie Nan Tigo induak samang melibatkan kerabat dalam kegiatan mambagan dengan memberikan posisi atau jabatan penting seperti tungganai, KKM (teknisi kapal bagan), koki masak dan anak bagan.Ada juga yang bukan kerabat tetapi hanya sebagai pelengkap anak bagan (anak bagan tambahan).Padahal didalam dunia kerja, perekrutan tenaga kerja secara profesional sesuai dengan keahlian. Tetapi hal ini tidak berlaku pada kegiatan mambagan. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pilihan Rasional induak samang Melibatkan Kerabat dalam Kegiatan Mambagan pada Kalangan Nelayan di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional yang oleh James S Coleman. Dalam teori ini ada dua unsur dalam teori Coleman yakni aktor dan sumber daya. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif, tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah 19 informan. Pengumpulan data secara observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Untuk menguji kredebilitas dari penelitian, digunakan teknik trianguasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pilihan rasional melibatkan kerabat dalam kegiatan mambagan pada kalangan nelayan di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang merupakan pilihan rasional aktor, dimana aktor disini adalah induak samang yang mempunyai kapal bagan dan memilih memanfaatkan sumber dayanya yaitu kerabat. Aktor memiliki tujuan dan masing-masing bertujuan untuk memaksimalkan wujud dari kepentingan yang memberikan ciri saling bergantung pada tindakan aktor tersebut. Beberapa pilihan rasional induak samang melibatkan kerabat pada kegiatan mambagan pada kalangan nelayan di Kelurahan Pasie Nan Tigo diantaranya yaitu 1) Nilai Kepercayaann 2) Nilai Kebersamaan 3) Membantu Ekonomi Kerabat dan yang terakhir adalah kemudahan komunikasi dengan kerabat (saiyo sakato).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:08
Last Modified: 14 Oct 2021 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34610

Actions (login required)

View Item View Item