Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Weblog pada Pembelajaran Sosiologi di SMA N 1 Batusangkar

Dilla, Sintya Ulfa (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Weblog pada Pembelajaran Sosiologi di SMA N 1 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SINTYA_ULFA_DILLA_17058127_2582_2021.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) berbasis weblog pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Batusangkar, 2) mengetahui dan menganalisis validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis weblog pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Batusangkar, 3) mengetahui dan menganalisis keefektifitaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis weblog pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Batusangkar, 4) mengetahui dan menganalisis kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis weblog pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan model 4-D. Model ini dikembangkan dalam empat tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Untuk melihat apakah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis weblog pada pembelajaran sosiologi valid, praktis, dan efektif peneliti melakukan uji validitas yang dilakukan dengan ahli materi dan media, serta uji kepraktisan dan uji efektifitas dengan guru dan siswa SMA N 1 Batusangkar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis weblog pada pembelajaran sosiologi sangat valid dan sangat praktis. Terbukti ahli materi menilai valid dengan nilai akhir 0,3 ahli media 0,38. Guru sosiologi menilai sangat praktis dengan nilai akhir 3,84. Siswa SMA N 1 Batusangkar menilai sangat praktis dengan nilai 3,7. Secara umum Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis weblog pada pembelajaran sosiologi yang dikembangkan dinilai sangat valid, sangat praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:07
Last Modified: 14 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34604

Actions (login required)

View Item View Item