Studi Kondisi Sosial Ekonomi Pasangan Usia Subur Kawin Usia Muda Dikanagarian Sungai Gambirsa Kota Pan Kecamatan Ranah Ampek Hulu Kabupaten Pesisir Selatan

Yudita, Mutia (2021) Studi Kondisi Sosial Ekonomi Pasangan Usia Subur Kawin Usia Muda Dikanagarian Sungai Gambirsa Kota Pan Kecamatan Ranah Ampek Hulu Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUTIA_YUDITA_16045036_469_2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi pasangan usia subur kawin usia muda dinagari sungai gambir sakotapan kecamatan ranah ampek hulu kabupaten pesisir selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk pengumpulan data menggunakan observasi dan angket, serta untuk pengolahan data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu: (1) Kondisi ekonomi dilihat dari pemenuhan kebutuhan pangan sudah terpenuhi ,ditinjau dari pemenuhan kebutuhan sandang sudah terpenuhi, pemenuhan kebutuhan papan belum terpenuhi dengan baik terbukti bahwa 55 responden atau (56,70%) memiliki rumah yang ditempati tidak dalam kondisi baik, pendapatan rata-rata 88 responden atau (90,72%) Rp < dari Rp.1.500.000 perbulan ,minimal setiap keluarga memiliki satu anggota keluarga yang bekerja, dan lebih dari setengah responden atau (57,73%) tidak memilikita bungan. (2) Pendidikan (PUS) kawin usia muda rata-rata tamat SLTP dan SD yaitu pendidikan suami tamat SLTP sebanyak (40,20%) dan SD sebanyak (39,17%), sedangkan pendidikan istri tamat SLTP sebanyak (46,39%) dan tamat SD 43 responden atau (44,32%), anak usia7-15 tahun cukup banyak yang tidak sekolah yaitu (41,23%), lebih dari setengah responden menjawab anggota keluarga yang tidak bisa membaca dan mengartikan tulisan latin. (3) Kesehatan ditinjaua apabila anggota keluarga sakit masih banyak yang tidak membawa anggota keluarga kesarana kesehatan terdekat sebanyak (45,36%), jika PUS ingin menggunakan KB sudah banyak datang kepelayanan kesehatan terdekat meskipun (28,86%) tidak mendatangi pelayanan kesehatan terdekat untuk menggunakan KB, (PUS) yang sudah memiliki 2 anak atau lebih sudah banyak menggunakan KB meskipun (29,89%) tidak memakai KB, rata-rata dalam waktu tiga bulan terakhir masih banyak anggota keluarga dalam kondisi tidak sehat sebanyak (44,32%). (4) Kondisi Sosial dilihat dari agama sudah banyak yang melaksanakan ibadah meskipun (37,11%) tidak melaksanakan ibadah, upaya meningkatkan pengetahuan agama masih kurang karena (55,67%) tidak berupaya meningkatkan pengetahuan agama, interaksi dan komunikasi dalam keluarga sudah cukup baik meskipun (36,08%) tidak memanfaatkan makan bersama untuk berkomunikasi antar anggota keluarga, interaksi sosial dengan masyarakat masih kurang ,membantu memberikan sumbangan materiil dalam organisasisosial kurang, dan peran dalam masyarakat kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:07
Last Modified: 03 Feb 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34602

Actions (login required)

View Item View Item