Efektivitas Penerapan Flipped Clasroom dan Jumping Task Pada Materi Flora dan Fauna Indonesia dan Dunia di SMAN 15 Padang

Dantin, Muhar (2021) Efektivitas Penerapan Flipped Clasroom dan Jumping Task Pada Materi Flora dan Fauna Indonesia dan Dunia di SMAN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUHAR_DANTIN_16045035_315_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Flipped Classroom dan Jumping Task terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran geografi di SMAN 15 Padang. Penelitian merupakan penelitian experiment (Experimental research). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IIS di SMAN 15 Padang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI IIS 1 Sebagai kelas Experimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Simple Random Sampling. Dua kelas XI IIS akan dipilih secara random oleh peneliti. J enis data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil tes awal (pretest) dan hasil akhir (Postest), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan a= 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajarar tes akhir (Postest), sebesar 83,47 untuk kelas experiment dan 776,74 untuk kelas kontrol. Berdasarkan uji t menggunakan software SPSS untuk pretest dengan a = 0,05 jika nilai sig 199 > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk (Postest) sebaliknya jika signifikasi (2-tailed) 0,00 < a = 0,05 maka terapat perbedaan yang signifikan. Untuk pengambilan keputusan di lihat dari nilai signifikansinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran geografi menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan Jumping Task Pada Materi Flora Dan Fauna Indonesia Dan Dunia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:41
Last Modified: 03 Feb 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34591

Actions (login required)

View Item View Item