Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA

Mulyani, Vanya (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_VANYA_MULYANI_18177035_4514_2021.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir kreatif. Berpikir kreatif mengacu pada proses berpikir tingkat tinggi, karena keterampilan ini sangar diperlukan di era revolusi 4.0 karena kerumitan dalam semua aspek kehidupan modern. Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru biologi didapatkan hasil sebagai berikut, yaitu peserta didik pasif dalam proses diskusi dan Tanya jawab, LKPD yang digunakan dalam pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kreatif peserta didik. Rendahnya berpikir kreatif peserta didik berdasarkan angket yang telah disebarkan kepada 65 orang peserta didik, didapatkan hasil sebagai berikut , aspek berpikir lancar (fluency) kategori sedang , aspek berpikir luwes (flexibility) kategori sedang, aspek berpikir asli (orisinal) kategori rendah dan aspek berpikir rinci (elaborative) kateori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plom. Tahap model Plomp terdiri dari investigasi awal, pengembangan dan pembuatan prototype, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021. Objek penelitian ialah LKPD berbasis Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validitas dan angket praktikalitas serta soal efektivitas. Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran dengan skala likert dan efektivitas menggunakan N-Gain Score dan Uji-t dengan menggunakan SPSS 17. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning memperoleh kriteria sangat valid menurut expert review dengan nilai 83,25%. Kriteria praktikalitas respon guru sangat praktis dengan nilai 94,17% dan kriteria respon peserta didik sangat praktis dengan nilai 87,52%. Hasil uji efektifitas menunjukkan adanya pengaruh penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning dalam peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:41
Last Modified: 12 Oct 2021 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34590

Actions (login required)

View Item View Item