Kontribusi Kemampuan Membaca Kritis dan Pengetahuan Tentang Karya Ilmiah terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pulaupunjung

Tisnawati, Tisnawati (2021) Kontribusi Kemampuan Membaca Kritis dan Pengetahuan Tentang Karya Ilmiah terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pulaupunjung. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_TISNAWATI_1619241_4465_2021.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar dan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Pulau Punjung diketahui bahwa nilai membaca siswa masih rendah sehingga siswa belum mampu menganalisis dan mengevaluasi teks bacaan dalam soal. Membaca kritis dapat memacu siswa untuk berpikir analitis, dan evaluatif sehingga dapat diwujudkan gagasannya ke dalam sebuah tulisan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan mengumpulkan data tentang kemampuan membaca kritis dan pengetahuan tentang karya ilmiah terhadap kemampuan menulis karya ilmiah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pulaupunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan metode korelasional distribusional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pulaupunjung tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 160 siswa dan sampel penelitian ini 36 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan instrument dalam bentuk tes. Analisis data digunakan dengan dua cara, yaitu (1) analisis deskriptif dan (2) analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) terdapat kontribusi kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis karya ilmiah siswa sebesar 15,90% dengan koefisien korelasi sebesar 0,398 dengan arah hubungan positif, (2) terdapat kontribusi pengetahuan tentang karya ilmiah dengan kemampuan menulis karya ilmiah siswa sebesar 12,50% dengan koefisien korelasi sebesar 0,354 dengan arah hubungan positif, dan (3) terdapat kontribusi kemampuan membaca kritis dan pengetahuan tentang karya ilmiah secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa sebesar 24,40% dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,494 dengan arah hubungan positif. Dengan demikian, kemampuan membaca kritis dan pengetahuan karya ilmiah, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama berkontribusi terhadap keterampilan menulis karya ilmiah siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:36
Last Modified: 12 Oct 2021 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34583

Actions (login required)

View Item View Item