Kinerja Dinas Kesehatan Kota Padang dalam Melakukan Pengawasan terhadap Kualitas Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Lubuk Begalung

Amisa, Rila (2021) Kinerja Dinas Kesehatan Kota Padang dalam Melakukan Pengawasan terhadap Kualitas Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Lubuk Begalung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RILA_AMISA_16042203_2685_2021.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Dinas Kesehatan Kota Padang dalam Melakukan Pengawasan Terhadap Kualitas Air Minum isi ulang di kecamatan Lubuk Begalung dan mengetahui faktor apa saja yang dapat menghambat Kinerja Dinas Kesehatan dalam Mengawasi Kualitas Air Minum isi ulang di Kecamatan Lubuk Begalung. Air sangat diperlukan oleh tubuh manusia seperti halnya udara dan makanan karena air merupakan salah satu tolak ukur atau sarana dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pengawasan Kualitas Air Minum mengacu pada Permenkes No. 736/MENKES/PER/IV/2010 tentang laksana pengawasan kualitas air minum. Kinerja Dinas Kesehatan dalam melakukan pengawasan terhadap kualitas air minum masih belum berjalan maksimal disebabkan karena terdapat faktor penghambat dalam mewujudkan target yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode kualitatif menggunakan purposive sampling. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan dengan cara Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi, sedangkan teknik pengujian keabsahan datanya dengan analisis data triangulasi sumber yaitu:reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kinerja Dinas Kesehatan dalam melakukan pengawasan terhadap Kualitas Air Minum isi ulang di Kecamatan Lubuk Begalung masih belum maksimal hal ini masih terdapat kendala dalam meningkatkan Kinerja Dinas Kesehatan dalam melakukan pengawasan terhadap Kualitas Air Minum di Kecamatan Lubuk Begalung yaitu: Masih adanya dari keterbatasan dana, bahan dan alat untuk pemeriksaan sampel air, selain itu juga ada kekurangan sumber daya manusia, dapat simpulkan Kinerja Dinas Kesehatan dalam melakukan pengawasan terhadap Kualitas Air Minum isi ulang di Kecamatan Lubuk Begalung belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:35
Last Modified: 12 Oct 2021 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34576

Actions (login required)

View Item View Item