Peningkatan Keterampilan Literasi Informasi melalui Rumah Baca Arif Dyfa

Maharani, Yeni (2021) Peningkatan Keterampilan Literasi Informasi melalui Rumah Baca Arif Dyfa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_YENI_MAHARANI_17234026_2497_2021.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Rumah Baca Arif Dyfa (RBAD) dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi, 2) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan Rumah Baca Arif Dyfa dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi, 3) untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi Rumah Baca Arif Dyfa dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pihak yang diwawancarai antara lain: 1 orang pendiri Rumah Baca Arif Dyfa, 2 orang pengurus Rumah Baca Arif Dyfa, dan 5 orang masyarakat yang melakukan kegiatan di Rumah Baca Arif Dyfa. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan keterampilan literasi informasi masyarakat dilakukan melalui tahapan dan upaya yang diuraikan melalui tiga fokus pembahasan berikut. 1) Peran Rumah Baca Arif Dyfa dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi adalah sebagai sumber informasi, sebagai lembaga untuk meningkatkan minat baca, sebagai fasilitator, motivator, mediator bagi masyarakat, sebagai agen perubahan, dan agen kebudayaan manusia, sebagai lembaga pendidikan nonformal bagi masyarakat dan sebagai sarana pembelajaran seumur hidup dalam rangka peningkatan kemampuan dan kualitas hidup masyarakat, 2) upa ya yang dilakukan Rumah Baca Arif Dyfa dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi adalah: menyediakan beragam sumber informasi, melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat, diantaranya kegiatan literasi, kegiatan seni dan kegiatan keterampilan, serta mensosialisasikan kegiatan yang dilakukan RBAD pada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk ikut dalam kegiatan yang dilakukan, 3) kendala yang ditemui Rumah Baca Arif Dyfa dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi adalah: a) kesulitan mengajak masyarakat untuk ikut dalam kegiatan yang dilakukan, c) kesulitan mempertahankan anak binaan sanggar RBAD yang potensial, e) pengembangan RBAD belum didukung sepenuhnya oleh pihak N agari setempat, dan f) kekurangan relawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:34
Last Modified: 12 Oct 2021 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34571

Actions (login required)

View Item View Item