Program Pendidikan Politik oleh Partai Politik untuk MeningkatkanPartisipasi Masyarakat dalam Menghadapi Pilkada 2020 di Nagari Talang Kec. Gunung Talang Kab. Solok (Studi DPD Partai PAN dan DPC Partai Gerindra)

Suryani, Rara (2021) Program Pendidikan Politik oleh Partai Politik untuk MeningkatkanPartisipasi Masyarakat dalam Menghadapi Pilkada 2020 di Nagari Talang Kec. Gunung Talang Kab. Solok (Studi DPD Partai PAN dan DPC Partai Gerindra). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RARA_SURYANI_16052132_3940_2021.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program pendidikan politik oleh partai politik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menghadapi pilkada 2020 di Nagari Talang Kec. Gunung Talang Kab. Solok (studi DPD Partai PAN dan DPC Partai Gerindra). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penlitiannya adalah menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah berupa hasil wawancara langsung dari seorang informan. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa dokumen, foto, rekaman video, benda-benda lain yang dapat memperkaya data primer yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari jurnal dan artikel yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pendidikan politik oleh DPD Partai PAN dan DPC Partai Gerindra dilaksanakan kepada anggota internal partai dan kepada masyarakat 3 (tiga) kali dalam setahun dengan berbagai bentuk seperti seminar, workshop, pelatihan, bimtek (bimbingan teknis). Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas diri anggota internal partai dan menumbuhkan sikap responsif aau partisipasi yang inggi bagi masyarakat. Faktor pendukung DPD Partai PAN dan DPC Partai Gerindra karena sumber daya manusia dari partai yang memadai dan memiliki terampil yang baik sehingga pelaksanaan program pendidikan politik dapat berjalan dengan baik, adanya sebagian masyarakat yang memiliki antusias yang tinggi untuk mengikuti program pendidikan politik yang dilaksanakan oleh partai, dan faktor pendanaan yang menjadi salah satu penunjang suksesnya pelaksanaan program pendidikan politik kepada anggota internal partai dan kepada masyarakat. Faktor penghambat pelaksanaan program pendidikan politik bagi DPD Partai PAN dan DPC Partai Gerindra ialah pendanaan, hal tersebut merupakan sebuah keterbatasan yang menjadi penghalang bagi partai untuk melaksanakan program pendidikan politik baik kepada internal partai dan juga kepada masyarakat. Faktor lainnya yaitu sikap apatis dan skeptic dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:32
Last Modified: 12 Oct 2021 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34567

Actions (login required)

View Item View Item