Pelaksanaan Proses Pembelajaran Sejarah pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Zaminul Ghairi Kecamatan Koto Balingka Pasaman Barat

Hasyim, Marzuki (2021) Pelaksanaan Proses Pembelajaran Sejarah pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Zaminul Ghairi Kecamatan Koto Balingka Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MARZUKI_HASYIM_1604686_120_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada masa pandemi Covid-19, banyak sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran daring (online) namun berbeda dengan pondok pesantren Zaminul Ghairi yang tetap melakukan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran Sejarah di Pondok Pesantren Zaminul Ghairi Kecamatan Koto Balingka Pasaman Barat pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan persiapan proses pembelajaran sejarah menggunakan RPP dan silabus kurikulum K-13. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran sejarah waktu untuk satu jam pelajaran yaitu 30 menit, metode yang digunakan adalah ceramah dan resitasi, model pembelajaran yang digunakan yaitu cooperative learning dan kontekstual, media pembelajaran yaitu video dan media konvensional, evaluasi tetap dilakukan, untuk ulangan harian dan tugas bobotnya 30%, ujian tengah semester bobotnya 30% dan ujian akhir semester dengan bobotnya 40%. Pengelolaan kelas dilakukan dengan setiap siswa menjaga jarak, siswa duduk 1 meja dalam 1 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran sejarah di Pondok Pesantren Zaminul Ghairi menerapkan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi covid- 19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:53
Last Modified: 07 Feb 2023 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34561

Actions (login required)

View Item View Item