Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 18 Padang

Dewi, Zurahmi (2020) Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 18 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_ZURAHMI_DEWI_196_15052048_2020.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman karakter dalam program Gerakan Literasi Sekolah serta kendala-kendala penanaman karakter dalam program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 18 Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan merosotnya karakter peserta didik. Untuk merespon masalah tersebut pemerintah telah menetapkan salah satu program yaitu program Gerakan Literasi Sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan budi pekerti siswa melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah. Program Gerakan Literasi Sekolah ini merupakan Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti melalui Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitiannya meliputi kepala sekolah, ketua gerakan literasi sekolah, guru-guru, petugas perpustakaan serta siswa-siswa SMP Negeri 18 Padang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter dalam program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 18 Padang ialah penanaman nilai karakter disiplin, kreatif, tanggung jawab, dan gemar membaca. Serta masih terdapatnya kendala-kendala pelaksanaan penanaman karakter dalam program Gerakan Literasi Sekolah diantaranya. Kebiasaan siswa yang kurang disiplin terhadap waktu, kemampuan berfikir kreatif peserta didik yang berbeda-beda, dan kurangnya rasa tanggung jawab siswa terhadap pengumpulan tugas, kurangnya waktu yang tersedia untuk membaca di sekolah dan kurangnya ketersediaan buku bacaan disekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:51
Last Modified: 12 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34555

Actions (login required)

View Item View Item