Upaya Komisi Pemilihan Umum Kota Padang dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Melalui Program Jambore Demokrasi Pelajar

Fitria, Yulia (2020) Upaya Komisi Pemilihan Umum Kota Padang dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Melalui Program Jambore Demokrasi Pelajar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_YULIA_FITRIA_154_15052068_2020.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya Komisi Pemilihan Umum Kota Padang dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula melalui program Jambore Demokrasi Pelajar.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan informan dalam penelitian ini adalah Pengarah dan Penanggung Jawab kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar, Ketua Pelaksana kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar, Kwarcab Pramuka Kota Padang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang dan peserta kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar di Kota Padang dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula di Kota Padang pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2018 dan Pemilu Serentak Tahun 2019. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan Jambore Demokrasi Pelajar ini yaitu Komisi Pemilihan Umum Kota Padang belum memiliki modul tentang pendidikan pemilih, sehingga kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar tersebut banyak diisi dengan kegiatan yang tidak terencana. Selain itu, adanya kesulitan dalam mengendalikan peserta dikarenakan lokasi kegiatan yang sangat luas dan mudah diakses dengan pintu masuk mudah dijangkau oleh banyak orang, serta fasilitas tempat mandi dan listrik di lokasi Jambore kurang memadai untuk digunakan oleh banyaknya peserta Jambore Demokrasi Pelajar tersebut. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Padang dalam mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu membuat modul pendidikan pemilih sebagai bekal untuk kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar selanjutnya, memperketat pengamanan di lokasi kegiatan dan juga menyediakan fasilitas tempat mandi dan listrik yang cukup untuk peserta Jambore Demokrasi Pelajar tersebut. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar dapat dilaksanakan dengan maksimal apabila kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar tersebut memiliki modul khusus pendidikan pemilih dan fasilitas yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:51
Last Modified: 12 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34554

Actions (login required)

View Item View Item