Implementasi Peraturan Nagari No. 5 Tahun 2016 tentang Jum’at Ibadah di Kenagarian Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok.

Kurnia, Resti (2020) Implementasi Peraturan Nagari No. 5 Tahun 2016 tentang Jum’at Ibadah di Kenagarian Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_RESTI_KURNIA_195_15052085_2020.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya masyarakat yang melanggar peraturan Nagari Parambahan yaitu peraturan nagari Jum‟at ibadah. Penelitian bertujuan mengidentifikasi implementasi dari peraturan Nagari No. 5 Tahun 2016 tentang Jum‟at Ibadah di Kenagarian Parambahan, kendala yang di hadapi sehingga ada masyarakat yang melanggar peraturan nagari tentang Jum‟at ibadah ini serta upaya-upaya apa saja yang di lakukan pemerintah nagari dalam mengatasi kendala mengimplementasikan peraturan nagari Jum‟at ibadah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Pemilihan imforman dengan teknik purpose sampling yaitu memilih imforman terkait dari pelaksanaan peraturan nagari Jum‟at ibadah ini. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Data di kumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data di lakukan dengan teknik ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan melakukan member check. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian implementasi peraturan nagari No.5 Tahun 2016 tentang Jum‟at ibadah di Kenagarian Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok belum terlaksana secara efektif dan sanksi yang di berikan kurang tegas. Kendala yang di hadapi sehingga membuat masyarakat melanggar ialah adanya ketidak tahuan dan kurang pedulinya masyarakat Nagari Parambahan terkait tujuan dan Pernag, minimnya sosialisasi, kurang sumber daya, dan jauhnya peninjauan lokasi. Upaya dalam mengatasi kendala menjalin komunikasi yang baik, meningkatkan sumber daya, menetapkan komitmen serta memberikan contoh kepada masyarakat Nagari Parambahan dari pihak pemerintahan Nagari Parambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:48
Last Modified: 12 Oct 2021 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34545

Actions (login required)

View Item View Item