Pengembangan Modul Pencelupan Zat Warna Alam Pada Mata Kuliah Analisis Tekstil Untuk Mahasiswa Prodi PKK Jurusan Ilmu Keluarga FPP-UNP

Syafrida, Syafrida (2021) Pengembangan Modul Pencelupan Zat Warna Alam Pada Mata Kuliah Analisis Tekstil Untuk Mahasiswa Prodi PKK Jurusan Ilmu Keluarga FPP-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SYAFRIDA_1302794_1369_2021.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran pencelupan zat warna alam yang valid dan praktis, agar mahasiswa mampu memahami dan mampu melakukan pratikum pencelupan zat warna alam secara mandiri. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). adapun model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yaitu; define, design, development, dan disseminate, namun pada penelitian ini tahap penelitian hanya sampai development. Data penelitian pada penelitian ini ialah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas produk. Validitas produk dilakukan oleh 2 orang validator materi, dan 2 orang validator media. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 1 orang dosen pembina mata kuliah analisis tekstil, 10 orang mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 25 orang mahasiswa PKK tata busana angkatan 2018 untuk uji coba kelompok besar. Pada penelitian pengembangan ini dihasilkan produk berupa modul pembelajaran pencelupan zat warna alam pada mata kuliah analisis tekstil dengan nilai uji validitas diperoleh nilai persentase sebesar 86,56% dengan kriteria sangat valid. Kemudian uji praktikalitas dosen pembina mata kuliah mendapatkan nilai sebesar 85,00%, uji kelompok kecil sebesar 83,44% dan uji kelompok besar mendapat nilai sebesar 89,78%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pencelupan zat warna alam untuk mahasiswa PKK FPP-UNP yang dikembangkan valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:45
Last Modified: 12 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34533

Actions (login required)

View Item View Item