Keberadaan Gedung Integrataed Classroom terhadap Kegiatan Mahasiswa di Universitas Negeri Padang

Nutricillia, Niken (2021) Keberadaan Gedung Integrataed Classroom terhadap Kegiatan Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NIKEN_NUTRICILLIA_15058059_3987_2021.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak keberadaan gedung Integrated Classroom terhadap kegiatan mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Gedung Integrated Classroom merupakan fasilitas belajar yang digunakan oleh hampir seluruh mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Untuk menjelaskan dampak keberadaan gedung Integrated Classroom penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tipe studi kasus Instriksik. Serta menggunakan teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 36 orang mahasiswa. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan analisis data dari Milles dan Huberman. Teori yang digunakan untuk menjelaskan penelitian ini adalah teori Struktural Fungsional oleh Robert K. Merton yang mengemukakan bahwa struktur ada agar masyarakat berada dalan kondisi equilibrium, bahwa setiap struktur memiliki fungsi namun tidak menutup kemungkinan sebuah struktur dapat menjadi disfungsi dan disamping memiliki fungsi manifest juga memiliki fungsi laten. Gedung Integrated Classroom telah mengalami perbaikan dan peningkatan dalam hal sarana dan prasarana agar tujuan pendidikan dapat tercapai dan kegiatan yang dilaksanakan di gedung tersebut dapat terlaksana dengan baik. Terdapat penambahan fasilitas-fasilitas baru agar masyarakat pengguna gedung Integrated Classroom tetap berada dalam keseimbanga. Hadirnya fasilitas baru di Gedung Integrated Classroom tentu memberikan dampak bagi penggunanya. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa tidak hanya mahasiswa dari jurusan FIS dan FE yang memiliki ruang kelas dan kantor yang berlokasi di gedung Integrated Classroom tetapi mahasiswa dari fakultas lain pun juga ikut menggunakan gedung Integrated Classroom sebagai fasilitas untuk berkegiatan di kampus. Informan dari penelitian ini yaitu mahasiswa mayoritas menyatakan bahawa saranan dan prasarana yang lengkap di gedung Integrated Classroom yang menjadi alasan mengapa mereka memilih untuk berkegiatan di gedung tersebut. Dapat disimpulkan bahwa keberadaan gedung Integrated Classroom berdampak positif bagi penggunanya yaitu mahasiswa di Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:45
Last Modified: 12 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34531

Actions (login required)

View Item View Item