Strategi Pengembangan Front Office Department di The Axana Hotel Padang

Martalia, Suri (2021) Strategi Pengembangan Front Office Department di The Axana Hotel Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SURI_MARTALIA_17135059_3964_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya keluhan dari tamu yang disampaikan melalui Guest Comment pada Online Travel Agent. Keluhan tersebutberisikan tentang pelayanan yang tidak memuaskan, seperti sikap (attitude) seorang Receptionist, Telephone Operator, dan Bellboy yang tidak ramah, tidak menghargai, dan tidak mengistimewakan tamu yang menginap di The Axana Hotel Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi dalam pengembangan sikap (attitude) Front Office Department di The Axana Hotel Padang dengan menggunakan analisis SWOT yang ditentukan dari faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dari para informan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data secara reduksi yaitu dengan merangkum, memilih dan menjurus pada pokok penting sekaligus melakukan analisis pada data yang ditemukan pada penelitian. Hasil penelitian ini secara keseluruhan adanya faktor internal yang didapatkan dari kekuatan dan kelemahan pengembangan Front Office Department di The Axana Hotel Padang dan faktor eksternal yang didapatkan dari peluang dan ancaman. Jika dilakukan pengembangan terhadap sikap (attitude) Front Office Department, strategi yang dirumuskan:1) Melakukan briefing setiap pergantian shift agar terciptanya hubungan kerja yang baik dan over handle antar karyawan untuk mengurangi terjadinya miskomunikasi. 2) Melakukan Courtesy call 10 menit setelah tamu berada di dalam kamar, hal ini bertujuan untuk menawarkan bantuan untuk tamu dan menanyakan apakah ada hal yang ingin ditanyakan seputar fasilitas kamar dan hotel. 3) Menciptakan moment foto bersama tamu di lobby hotel, hal ini sangat menunjang komunikasi dan komentar baik dari tamu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:44
Last Modified: 12 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34530

Actions (login required)

View Item View Item