Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial: Analisis Isi Terhadap Postingan Poster dan Komentar Netizen pada Aksi Demonstrasi Mahasiswa Indonesia Tahun 2019 Melalui Facebook

Dhini, Hikma (2021) Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial: Analisis Isi Terhadap Postingan Poster dan Komentar Netizen pada Aksi Demonstrasi Mahasiswa Indonesia Tahun 2019 Melalui Facebook. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_HIKMA_DHINI_17052014_3768_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan etika komunikasi di media sosial facebook oleh netizen. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan etika komunikasi di media sosial terhadap postingan poster dan komentar netizen pada aksi demonstrasi mahasiswa Indonesia tahun 2019 melalui facebook. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisi isi (content analysis) dengan metode penelitian kualitatif Objek penelitian adalah semua postingan poster dan komentar netizen pada aksi demonstrasi mahasiswa Indonesia tahun 2019 melalui facebook. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan A) Penerapan etika komunikasi pada postingan poster di media sosial facebook bernilai buruk, karena ditemukan 21 postingan poster, dimana 1 data tergolong kategori positif dan 20 data masuk kategori negatif B) Penerapan etika komunikasi pada komentar netizen terhadap postingan poster di media sosial facebook bernilai buruk, karena ditemukan 51 komentar, dimana 19 data tergolong kategori positif dan 32 data masuk kategori negatif C) Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Mencegah Pelanggaran Etika Komunikasi di media sosial yang terdapat pada sila pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAl Rafni, AL RafniUNSPECIFIED
CorrectorIsnarmi, IsnarmiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Susi FitriaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:43
Last Modified: 13 Apr 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34528

Actions (login required)

View Item View Item