Urgensi Penerapan Metode Long Tone bagi Mahasiswa Mayor Instrumen Trombone di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Padang

Susanto, Ario (2021) Urgensi Penerapan Metode Long Tone bagi Mahasiswa Mayor Instrumen Trombone di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ARIO_SUSANTO_17232028_3356_2021.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Terdapat masalah pada mahasiswa yang kesulitan memainkan instrumen Trombone dalam menghasilkan colour tone berkualitas. Kesulitan mengeluarkan colour tone berkualitas dari Trombone kemungkinan mahasiswa tidak menerapkan latihan long tone. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan urgensi penerapan metode long tone dalam menghasilkan colour tone bagi mahasiswa trombonis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menemukan 7 kategorisasi yang menunjukkan pentingnya menerapkan metode long tone dalam menghasilkan colour tone, yaitu: penerapan metode long tone sangat berpengaruh bagi trombonis, manfaat metode long tone bagi mahasiswa trombonis Universitas Negeri Padang, peningkatan kemampuan memainkan Trombone bagi trombonis dengan menerapkan metode long tone, pengaruh penerapan metode long tone terhadap ambasir, sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penerapan metode long tone, alokasi waktu yang dibutuhkan saat latihan untuk menerapkan metode long tone dengan baik, dan kendala menerapkan latihan long tone. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode long tone menjadi bagian penting dari pembentuk kualitas colour tone bagi mahasiswa trombonis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan metode long tone harus memiliki penerapan yang konsisten, teratur, dan komitmen dari mahasiswa trombonis, karena penerapan metode long tone dapat membentuk kelenturan ambasir dan keseimbangan bunyi yang dikeluarkan sehingga mengahsilkan suara (colour tone) dari Trombone yang berkualitas sesuai dengan yang dikehendaki. Sedangkan kesimpulan penelitian ini mengungkapkan bahwasannya penerapan metode long tone jadi bagian penting dari pembentuk kualitas colour tone bagi mahasiswa trombonis Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:25
Last Modified: 12 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item View Item