Pengembangan E-Modul Ekologi Tumbuhan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Faktor-Faktor Lingkungan dan Populasi Tumbuhan Menggunakan Software Appypie untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi

Ariani, Ide Nabila (2021) Pengembangan E-Modul Ekologi Tumbuhan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Faktor-Faktor Lingkungan dan Populasi Tumbuhan Menggunakan Software Appypie untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IDE_NABILA_ARIANI_19177031_4417_2021.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan langkah konkrit untuk kemajuan suatu bangsa, kemajuan tersebut dapat tercapai jika teknologi informasi dan komunikasi digunakan secara efektif dan efisien. Teknologi informasi dan komunikasi secara tidak langsung juga memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Software Appypie untuk menghasilkan e-modul ekologi tumbuhan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp dengan tiga tahap pengembangan; Model pengembangan Plomp memiliki tiga tahapan yaitu tahap investigasi awal (preliminary research phase), tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) dan tahap penilaian (assessment phase). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi UNP yang mengambil matakuliah ekologi tumbuhan semester januari-juli 2021. Data primer tersebut diperoleh melalui instrumen penelitian yakni angket validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data uji efektivitas meliputi penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan e-modul ekologi tumbuhan berbasis Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan softwere appypie memiliki kategori sangat valid dengan nilai validator 88,11%, sangat praktis 98,61% oleh dosen dan mahasiswa dengan nilai 94,66%. Dan sangat efektif karena e-modul berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:25
Last Modified: 12 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34510

Actions (login required)

View Item View Item