Kontribusi Kreativitas dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumbar.

Manharifal, Manharifal (2021) Kontribusi Kreativitas dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MANHARIFAL_1106753_785_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa Teknik Audio Video mata pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dimana sekitar 36,96% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Kontribusi Kreativitas dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar mata pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) terdapat kontribusi kreativitas belajar terhadap hasil belajar, (2) terdapat kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, (3) terdapat kontribusi kreativitas dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 46 responden siswa Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sumbar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data ini merupakan cerminan hasil belajar dalam mata pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Sedangkan data kreativitas dan kebiasaan belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk analisis korelasi. Hasil analisis data menunjukkan : (1) kreativitas belajar memberikan kontribusi sebesar 18,31% terhadap hasil belajar siswa, (2) kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 22,39% terhadap hasil belajar siswa, (3) kreativitas dan kebiasaan belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 27,44% terhadap hasil belajar mata pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumbar. Hal ini berarti bahwa kreativitas dan kebiasaan belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar, semakin baik kreativitas belajar dan semakin baik kebiasaan belajar dalam proses belajar mengajar, maka hasil belajar akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:24
Last Modified: 12 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34507

Actions (login required)

View Item View Item