Desain Program Pembinaan Perilaku Moral Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMK N 1 Bonjol

Kurniawan, Hafidh (2021) Desain Program Pembinaan Perilaku Moral Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMK N 1 Bonjol. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_HAFIDH_KURNIAWAN_16230028_4516_2021.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain program pembinaan perilaku moral siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Bonjol. Untuk mengetahui bagaimanakah kelayakan program pembinaan perilaku moral siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Bonjol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Bonjol yang beralamat di Jalan Lintas Sumatera Biduak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Desain penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah desain Dick dan Carrey. Subjek dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa-siswi yang dipilih dengan dasar-dasar catatan Guru BK (Bimbingan Konseling). Serta 1 orang guru, sebagai subjek pengguna. Hasil penelitian ini pengembangan desain program pembinaan perilaku moral siswa dikembangkan dalam bentuk rancangan kegiatan mingguan atau RKM pada SMK Negeri 1 Bonjol. Hasil kelayakan rencana kegiatan mingguan berdasarkan penilaian ahli materi PPKn termasuk kategori Sangat Layak untuk di uji coba kan kepada siswa. Hasil kelayakan rencana kegiatan mingguan berdasarkan penilaian ahli media termasuk kategori Sangat Layak untuk di uji cobakan kepada siswa. Hasil kelayakan rencana kegiatan mingguan berdasarkan penilaian guru adalah termasuk kategori Sangat Layak untuk di uji cobakan kepada siswa. Hasil tanggapan subjek uji coba pada rencana kegiatan mingguan SMK Negeri 1 Bonjol adalah yang termasuk kategori Sangat Baik setelah dilakukan uji coba. Kesimpulan penelitian ini yaitu desain program pembinaan perilaku moral siswa SMK Negeri 1 bonjol diterapkan menggunakan rencana kegiatan mingguan (RKM). Kelayakan desain program pembinaan perilaku moral siswa oleh ahli dikategorikan layak dan dapat digunakan. Kelayakan desain program pembinaan perilaku moral siswa berdasarkan tanggapan subjek pengguna diketegorikan layak dan sangat menarik digunakan. Respon siswa dengan desain program pembinaan perilaku moral diketegorikan baik dan menarik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:24
Last Modified: 12 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34506

Actions (login required)

View Item View Item