Pengembangan E-modul Berbasis Android Menggunakan Software Sigil Versi 0.9.13 pada Mata Kuliah Ikhtiologi untuk Mahasiswa Program Studi Biologi Strata 1 Universitas Negeri Padang

Mu’arif, Fadlan (2021) Pengembangan E-modul Berbasis Android Menggunakan Software Sigil Versi 0.9.13 pada Mata Kuliah Ikhtiologi untuk Mahasiswa Program Studi Biologi Strata 1 Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FADLAN_MU’ARIF_19177029_4420_2021.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang di temukan pada investigasi awal. Belum tersedia bahan ajar e-modul Ikhtiologi berbasis android yang dimiliki dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Padang. Pemanfaatan telepon genggam pintar lebih banyak dihabiskan untuk media sosial, main game, dan youtube, masih minim dimanfaatkan untuk belajar. Mahasiswa mengalami kendala jaringan internet sehingga kesulitan mengakses materi mata kuliah Ikhtiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas e-modul berbasis android menggunakan software Sigil versi 0.9.13 pada mata kuliah Ikhtiologi yang dikembangkan untuk Mahasiswa Program Studi Biologi Strata 1 Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Terdapat tiga tahap pengembangan yaitu preliminary research phase, development or prototyping phase, dan assessment phase. Uji efektivitas yang digunakan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa biologi UNP yang mengambil mata kuliah Ikhtiologi. Hasil penelitian menunjukkan e-modul sangat valid dengan nilai 88.84%. Penilaian praktikalitas mahasiswa dengan nilai 92,99% dengan kriteria sangat praktis dan dosen pengampu memperoleh nilai 88% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya pengaruh e-modul terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan e-modul yang telah dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:24
Last Modified: 12 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34504

Actions (login required)

View Item View Item