Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah Di Kelurahan Aua Tajungkang Komplek Perumahan Mutiara Indah, Tangah Sawah, Kota Bukittinggi

Elmi, Novia (2020) Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah Di Kelurahan Aua Tajungkang Komplek Perumahan Mutiara Indah, Tangah Sawah, Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_NOVIA_ELMI_532_15052038_2020.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Bank Sampah adalah salah satu upaya untuk membenahi dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah yang dilakukan. Sistem pengelolaan sampah dengan bank sampah menekankan pula kegiatan mendaur ulang terutama sampah plastik, karton, kaleng dan lain sebagainya. sampah tersebut di olah menjadi berbagai macam barang yang bisa untuk dijual kembali. program Bank Sampah dilaksanakan melalui pendekatan partisipatif, masyarakat mampu mengidentifikasi,menganalisis dan memetakan sendiri masalah, potensi, ancaman dan hambatan masalah sampah, serta menemukan solusi masalah sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalukan program bank sampah secara maksimal dapat membantu untuk mengelola dan memilah sampah secara efektif dan efisien, dalam bank sampah tersebut masyarakat khususnya nasabah mampu berpartispasi sepenuhnya dalam setiap kegiatan program bank sampah yang diadakan bank sampah seperti pelatihan keterampilan yang menanfaatkan sampah anorganik untuk dijadikan barang-barang yang tidak hanya memiliki nilai guna nmun memiliki nilai jual yaitu tas belanja dari bekas bungkus kopi, bunga cantik dari bekas bungkus apel atau pir dan keset dari kain perca. Dalam menerapkan program tersebut masyarakat mendapatkan tambahan pendapatan dari hasil tabungan sampah di bank sampah tersebut. Selain mendapatkan tambahan pendapatan bank sampah juga mampu menambah pengetahun serta wawasan sekaligus kesadaran masyarakat terhadap sampah. Dengan adanya program bank sampah, masyarakat sangat beruntung dengan keberadaan Bank Sampah Mutiara Indah, yang mana mereka tida perlu repot lagi membuat dan membakar sampah, malahan dengan adanya bank sampah mereka bisa mendapatkan pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:24
Last Modified: 12 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34501

Actions (login required)

View Item View Item