Strategi Partai Amanat Nasional Dalam Memenangkan Pemilihan Umum Legislatif 2019 di Daerah Pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman

Larasati, Larasati (2020) Strategi Partai Amanat Nasional Dalam Memenangkan Pemilihan Umum Legislatif 2019 di Daerah Pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_LARASATI_157_15052033_2020.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi Partai Amanat Nasional dalam memenangkan pemilihan umum legislatif 2019 di daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Penelitian ini penting mengingat bahwa daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto merupakan sebuah daerah yang bisa dikatan daerah yang terpencil, pendidikan politik masyarakat Kecamatan Dua Koto bisa dikatakan masih rendah dan belum terlalu memahami mengenai strategi yang digunakan partai dalam pemilihan umum. Penelitian ini dilakukan di daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian dipilih secara purposive sampling yang menjadi informan penelitian ini yaitu Ketua DPC PAN Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman, Anggota DPRD terpilih PAN di daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman, dan masyarakat pemilih di daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Partai Amanat Nasional dalam memenangkan pemilihan umum legislatif 2019 antara lain 1). Penggalangan massa, 2). Kampanye politik yang dilakukan oleh PAN, 3). Sosialisasi untuk memperkenalkan Partai dan calon, serta 4). Komunikasi politik langsung dengan masyarakat dan bagaimana kedekatan PAN serta calon dengan masyarakat yang tidak hanya saat kampanye atau sebelum pemilu namun setelah duduk menjadi anggota Dewan pun masih dekat dengan masyarakat. Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman bisa dikatakan daerah tertinggal dan pendidikan di daerah ini masih rendah terutama dalam bidang pendidikan politik. Kemenangan PAN dalam pemilu 2019 lalu diharapkan dapat membawa perubahan dan kemajuan dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:22
Last Modified: 12 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34497

Actions (login required)

View Item View Item