Persepsi Masyarakat Terhadap Hutan Produksi di Kenagarian Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan

Putri, Fanny Prina (2021) Persepsi Masyarakat Terhadap Hutan Produksi di Kenagarian Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (l)Persepsi masyarakat terhadap hutan produksi untuk alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian,(2)Pengawasan lapangan oleh pihak yang berwenang,(3)Pemanfaatan hutan produksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan masyarakat Nagari Sungai Kunyit. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik obsevasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1 )Persepsi masyarakat tentang alih fungsi hutan tergolong tidak baik karena masyarakat membuka lahan hutan, rata-rata yang mengolah hutan itu berpendidikan rendah yaitu tidak tamat SD-SMA, mereka menganggap hutan sebagai mata pencaharian mereka dan hutan adalah hak mereka yang digunakan sesuka hati. Luas Rutan produksi 668 Ha dan jarak hutan dengan permukiman 1-2 KM. (2)Persepsi masyarakat pada hutan produksi tentang pengawasan lapangan oleh pihak yang berwenang tergolong tidak baik terlihat bahwa masyarakat tidak paham tentang pengelolaan dan pelestarian hutan, karena pengawasan ke lapangan oleh pihak yang berwenang jarang sekali dilakukan atau tidak dilaksanakan. (3 )Persepsi masyarakat tentang pemanfaatan hutan produksi, masyarakat merasa beruntung dengan adanya hutan produki, dilihat dari tindakkan yang mereka lakukan dengan membuka lahan perladangan atau pertanian untuk memenuhi pendapatan dan kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:22
Last Modified: 03 Feb 2023 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34496

Actions (login required)

View Item View Item