Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Pada Topik Operasi Penjumlahan Bilangan Untuk Siswa Slow Learner di SDN 1 Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas

Andita, Cahyo Dwi (2021) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Pada Topik Operasi Penjumlahan Bilangan Untuk Siswa Slow Learner di SDN 1 Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_CAHYO_DWI_ANDITA_19124006_4565_2021.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menyatakan bahwa terdapat siswa slow learner di SDN 1 Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas mengalami kesulitan memahami konsep operasi penjumlahan bilangan. Pembelajaran yang dilaksanakan kurang efektif, sehingga menjadikan siswa terkendala dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya, maka dari itu diperlukan pembelajaran berbasis Mathematical Cognition. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan Desain Pembelajaran yang valid, praktis dan efektif mengikuti alur penelitian pengembangan Gravemeijer & Cobb. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah satu siswa slow learner level 1 di kelas III SDN 1 Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode analisis dokumen, observasi, wawancara dan tes. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil validasi desain pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid, yakni HLT 89,45, RPP 90,76, dan LKPD 92,56 yang terlihat dari aspek isi, bahasa, didaktik dan penyajian yang memenuhi kelayakan. Hasil uji coba desain pembelajaran menunjukkan kategori sangat praktis yang terlihat dari segi penyajian, keterbacaan siswa, kemudahan penggunaan, dan ketersediaan waktu untuk melakukan serangkaian aktivitas belajar menggunakan desain pembelajaran berbasis mathematical cogntion. Selain itu, dampak yang dihasilkan dengan penggunaan desain pembelajaran berbasis mathematical cognition siswa memiliki kemampuan dalam operasi penjumlahan bilangan yang efektif, terlihat dari peningkatan persentase pemahaman siswa terhadap operasi penjumlahan bilangan pada kondisi awal dan pada saat setelah dilakukan intervensi yakni dari 42,86% menjadi 85,7%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:22
Last Modified: 12 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34493

Actions (login required)

View Item View Item