Pelaksanaan Pembelajaran Daring Prodi Pendidikan Geografi UNP di Masa Pandemi Covid-19

Ramadhan, Fahrul (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Prodi Pendidikan Geografi UNP di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FAHRUL_RAMADHAN_16045095_3068_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran geografi dan mengetahui kendala pelaksanaan pembelajran daring dalam pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2018 sebanyak 19 orang, dosen prodi pendidikan geografi sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, google from, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Keabsahan data menggunakan perpanjangan keikut sertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil peneliatian ini menyatakan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran geografi bawasanya menyediakan Perangkat keras yang sering digunakan berupa laptop, komputer, notebook dan smartphone, dengan tersedia koneksi jaringan wifi dan pake data, menggunakan aplikasi Zoom Metting, Google Mett, E-learning dan WhatApp, serta menyediakan bahan bacaan berupa buku, artikel/jurnal bagi dosen bahan bacaan sudah diupload diaplikasi Elearning dan bagi mahasiswa bayak yang tidak memiliki bahan bacaan berupa buku, artikel/ jurnal dikarekan bebebrapa faktor. (2) Kendala Pelaksanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran geografi bawasanya dalam penggunaan perangkat keras laptop dan smartphone sering kali mengalami eror dan juga penyimpanan internal penuh sehingga menyulitkan mahasiswa untuk mengikuti perkulihan daring, untuk jaringan internet dosen dan mahasiswa sering kali mengalami gangguan terutama ketika hujan badai datang sehingga menyulitkan dalam perkulihan daring, dalam penggunaan aplikasi pembelajaran daring, aplikasi E-learning sering mengalami gangguan, serta dalam menyediakan bahan bacaan kebanyakan mahasiswa kesulitan mendapatkan buku atau sumber belajar dikarenakan didaerah ditempat tinggal mereka kurang nya fasilitas belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:21
Last Modified: 03 Feb 2023 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34488

Actions (login required)

View Item View Item