Komparasi Minat Belajar Siswa antara Pembelajaran Daring dengan Pembelajaran Tatap Muka pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Istifiari, Dina (2021) Komparasi Minat Belajar Siswa antara Pembelajaran Daring dengan Pembelajaran Tatap Muka pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DINA_ISTIFIARI_17045055_3812_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran daring, (2) mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran tatap muka, (3) mengetahui komparasi minat belajar siswa antara pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran Geografi kelas XI JPS di SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini tergolong pada studi komparatif dengan pendekatan Expost Facto yang fungsinya mengkomparasikan minat belajar siswa antara pembelajaran Daring dengan pembelajaran Tatap Muka kelas XI JPS di SMA N egeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI JPS di SMA Negeri 1 Sutera yang berjumlah 148 siswa. Sampel penelitian ditarik secara Proposional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data tingkat capaian responden (TCR) dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) rata-rata skor minat belajar siswa pada pembelajaran Tatap Muka yaitu 3 ,31 dengan tingkat capaian responden (TCR) yaitu 82,8% dengan kategori tinggi. (2) rata-rata skor minat belajar siswa pada pembelajaran Daring yaitu 2,62 dengan tingkat capaian responden (TCR) yaitu 65,4% dengan kategori sedang. (3) hasil Uji Hipotesis diperoleh thitung>ttabel sebesar (5,65 > 1,49) pada tarafsignifikan a 0,05. Jadi H1 diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada pembelajaran tatap muka lebih tinggi dibandingkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:21
Last Modified: 03 Feb 2023 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34484

Actions (login required)

View Item View Item