Pengembangan Student E-Book Fisika Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik SMA Kelas X

Pratiwi, Yulia (2021) Pengembangan Student E-Book Fisika Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik SMA Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YULIA_PRATIWI_18175043_1412_2021.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik pada pembelajaran Fisika masih belum optimal. Hal ini disebabkan kurang tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, bahan ajar yang tersedia hanya berupa bahan ajar cetak dan belum terdapat pendekatan yang dikaitkan dengan aspek technology dan engineering, serta masih kurangnya keaktifan dan kemandirian peserta didik dalam belajar. Pemanfaatan teknologi merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan cara mengembangkan bahan ajar non cetak berupa student e-book. Student e-book ini dapat implementasikan sebagai bahan ajar mandiri yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan student e-book berbasis pendekatan STEM dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, dan lembar uji efektivitas berupa tes objektif. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk analisis studi pendahuluan dan uji praktikalitas. Analisis validitas menggunakan rumus Aiken’s V dan uji efektivitas menggunakan analisis N-Gain pada kompetensi pengetahuan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa student e-book berbasis pendekatan STEM berada pada kategori valid dengan nilai rata�rata 0,90. Uji praktikalitas penggunaan student e-book oleh pendidik dan peserta didik masing-masing memperoleh nilai rata-rata 95,31% dan 92,64% dengan kategori sangat praktis. Penggunaan student e-book berada pada kriteria efektif, hal ini terlihat pada peningkatan kompetensi pengetahuan dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,67 berada pada kategori sedang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa student e-book berbasis pendekatan STEM memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:21
Last Modified: 12 Oct 2021 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34480

Actions (login required)

View Item View Item