Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi Menjadi Rendah (Studi Kasus: Mahasiswa Bidikmisi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang)

Yarmanita, Meza (2021) Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi Menjadi Rendah (Studi Kasus: Mahasiswa Bidikmisi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MEZA YA_RMANITA_16058099_437_2021.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya prestasi belajar mahasiswa bidikmisi di FIS UNP. Sebagai mahasiswa bidikmisi mereka dituntut memiliki prestasi akademik yang bagus dengan IP per semester minimal harus diatas 2,75, tujuannya agar IPK yang diperoleh selalu bagus. Selain itu mereka juga harus menjalankan kontrak kerja sebagai mahasiswa bidikmisi diantaranya dengan mengikuti kuliah umum dan pelatihan seminar yang diadakan di universitas serta kegiatan lainnya. Hal ini tentu membuat mereka cukup sibuk. Namun dibalik kesibukan tersebutmereka tetap bisa mencari pekerjaan dengan cara mengatur waktu kuliah dengan jadwal kerja sehingga hal itulah yang membuat mereka memperoleh dengan IPK di bawah 2,75 (Tidak Memuaskan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong mahasiswa bidikmisi sehingga mendapatkan prestasi belajar yang buruk. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori Motivasi Berprestasi yang dikemukan oleh McClelland. Menurut konsep dari Motivasi Berprestasi suatu hal yang diinginkan akantercapai, apabila mendapatkannya dengan bersungguh-sungguh, namun akan mudah juga keinginan tersebut menjauh apabila hanya duduk diam dan tidak memiliki titik fokus terhadap sesuatu tersebut. Agar suatu keinginan bisa tercapai, maka manfaatkanlah hidup dengan kepentingan, bukan dengan kesenangan dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus dengan teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong prestasi belajar mahasiswa bidikmisi menjadi rendah Pertama, faktor internal yang berasal dari dalam diri, yaitu: (1) kemampuan dasar yang kurang dalam mengerjakan tugas, (2) Minat yang kurang. Kedua, faktor eksternal, pengaruh yang didapat dari luar diri individu, yaitu (1) fasilitas yang kurang memadai,(2) pekerjaan paruh waktu yang dimiliki, (3) keluarga, (4) fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:20
Last Modified: 12 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34473

Actions (login required)

View Item View Item