Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Learning (IBL) dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 2

Nasution, Vera Yunita (2021) Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Learning (IBL) dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 2. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_VERA_YUNITA_NASUTION_17175032_3217_2021.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan melatih kemampuan berfikir peserta didik. Namun pada kenyataannya, peserta didik belum bisa mengembangkannya dikarenakan kurang terlatih untuk menemukan konsep secara mandiri. LKPD termasuk bahan ajar yang dapat membantu peserta didik menemukan konsep serta menerapkan konsep tersebut. Penggunaan LKPD diharapkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan sains teknologi masyarakat untuk pembelajaran Fisika SMA kelas XI semester 2 dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan R&D dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari preliminary research, prototyping phase, and assessment phase. Data yang digunakan adalah data primer. Instrumen penelitian terdiri dari lembar self evaluation, validasi, lembar praktikalitas peserta didik dan guru, lembar observasi sikap, tes pilihan ganda dan lembar penilaiain unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil analisis kebutuhan diperoleh identifikasi performa guru yang cukup baik. Sedangkan untuk analisis sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik serta metode, model dan sumber belajar yang digunakan perlu lebih ditingkatkan. Hasil analisis materi diperoleh untuk menyesuaikan materi yang dapat mendukung ketercapaian kompetensi sesuai dengan analisis yang telah dilakukan. Hasil penelitian pada tahap desain diperoleh LKPD yang dirancang menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan sains teknologi masyarakat. Hasil tahap pengembangan LKPD memenuhi kriteria valid 0,79. Hasil tahap implementasi LKPD memenuhi kriteria sangat praktis dari angket respon guru dengan nilai 92,90% dan peserta didik 78,22% dengan kriteria praktis. Tahap evaluasi LKPD memenuhi kriteria efektif dengan nilai sikap 84,64%, pengetahuan 81,64%, dan keterampilan 67,65%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan sains teknologi masyarakat valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi Fisika SMA kelas XI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:20
Last Modified: 12 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34471

Actions (login required)

View Item View Item